s
Views ( 9807 ) Admin Aug 1, 2018 0 comment(s)


Apron yaitu salah satu Alat Pelindung Diri atau lebih di kenal dengan istilah APD. Apron terbuat dari kain atau kulit dengan ukuran tertentu yang di pakai untuk melindungi bagian depan tubuh si pemakainya dari kotor yang di sebabkan oleh percikan suatu cairan atau zat tertentu. Pemakaian apron juga Tutup kepala sering di gunakan oleh berbagai profesi seperti Koki juru masak, Petugas medis / dokter di rumah sakit, Pedagang ikan atau daging di pasar-pasar dan lain-lain. Karena Apron di gunakan segala macam profesi , Banyak pelaku usaha terutama di bidang konveksi sering memproduksi massal Apron ini dengan berbagai variasi dan model. Di kota-kota besar terutama bandung banyak konveksi yang membuat dan memproduksi apron ini dengan harga yang murah sampai termahal, Sehingga anda dapat mudah menemukan Apron ini di setiap perbelanjaan sudut kota.

Kali ini kita akan membahas Apron yang biasa digunakan oleh Petugas medis / Dokter di Rumah Sakit . Pemakaian Apron di rumah sakit sangat berbeda dengan pemakaian di profesi lain pada umumnya, karena memerlukan prosedur dan pengawasan standar yang di tetapkan. Mengapa demikian ?? Setiap Dokter, perawat atau petugas medis yang sedang melakukan tugas diwajibkan memakai apron. Hal ini di karenakan untuk melindungi diri dari percikan darah atau cairan yang memiliki sifat korosif atau dari zat yang bisa menyebabkan iritasi/infeksi pada kulit saat menangani pasien. Tentu setiap petugas medis tidak ingin hal buruk terjadi pada pasien dan apalagi dirinya.

 Apron rumah sakit biasanya terbuat dari kain khusus atau dari kulit synthetic. penggunaan apron di rancang berdasarkan spesifikasinya bisa terbagi menjadi 2:

  1. Sekali Pakai
  2. Bisa di pakai berulang-ulang dengan di sterilkan / cuci.

Untuk Apron yang di rancang bisa di pakai berkali kali terbuat dari kain khusus dan harus memiliki sertifikat hasil uji lab. Supaya saat proses pencucian atau saat di sterilkan kain tidak mudah rusak.



Articles In :

Apron Back